Ada Berapakah Nama-Nama Haid? Ini Jawabannya

Mengenal-Warna-Haid-Pada-Wanita-Coklat-Merah-Hitam-Abu-Abu

Nama-nama haid ada lima belas:

  1. Haiđ/ Haiđah, seperti perintah Rasulullah kepada Fatimah Binti Abȋ Hubaisy :  فَإِذَا أَقْبَلْتِ الْحَيْضَةَ فَدَعِي الصَّلاَةَ…… artinya: “Apabila kamu haid (datang bulan), maka tinggalkanlah sholat…..”(HR.Bukhori dan Muslim[1]).
  2. Maẖȋđ, seperti firman Allah SWT: وَيَسۡ‍َٔلُونَكَ عَنِ ٱلۡمَحِيضِۖ  artinya: “ Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid” (QS. al-Baqarah ayat:222[2]).
  3. Ţamś, seperti perkataan Ubaidillah ibn Umair kepada seorang laki-laki yang bertanya tentang hukum memakan kelinci, dan Ubaidillah bertanya: “Apa yang mengharamkan memakan kelinci?”. Kemudian laki-laki tesebut menjawab: « زعموا أنها تطمث »  artinya: “Mereka mengira bahwa kelinci haid[3].
  4. Ikbâr, seperti perkataan sya’ir:

نَأْتِيْ النِّسَاءَ عَلَى أَطْهَارِهِنَّ وَلَا * نَأْتِي النِّسَاءَ إِذَا أَكْبَرْنَ إِكْبَارًا

Kami mensetubuhi istri kami pada saat suci, dan tidak mensetubuhinya pada saat haid”[4].

  1. Ţams, seperti hadist yang diriwayatkan oleh sayyidah Siti Aisyah:

عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ نَذْكُرُ إِلَّا الحَجَّ، فَلَمَّا جِئْنَا سَرِفَ طَمِثْتُ، ………..

artinya: “Dari Aisyah beliu berkata: Kami keluar bersama Rasulullah untuk menunaikan haji ketika kami sampai ke Sarif, maka saya haid…..”(HR. Bukhori)[5].

  1. ‘Irâk, seperti perkataan Ibn ‘Abbâs:

يَقُولُ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ «أَمَرَ الْوَاطِئَ فِي الْعِرَاكِ بِصَدَقَةٍ دِينَارٍ،..»

artinya: “Ibn ‘Abbas berkata: Rasulullah memerintahkan kepada seseorang bersetubuh pada waktu haid (siang hari bulan Ramadhan) untuk bersedekah satu Dinar…”[6].

  1. Firâk, seperti perempuan itu Fârik (Haid).
  2. Ażan, seperti firman Allah: قُلۡ هُوَ أَذٗى atrinya: “Katakanlah itu adalah sesuatu yang kotor[7].
  3. Điẖk, sepreti perkataan syair:

وَضَحِكُ الْأَرَانِبِ فَوْقَ الصَّفَا * كَمِثْلِ دَمِ الْحَرْبِ يَوْمَ اللِّقَا

Kelinci-kelinci mengeluarkan darah haid di atas batu seperi darah peperangan di hari peperangan”[8].

  1. Dirs, seperti: Perempuan itu Dirs (Haid).
  2. Dirâs, seperti : Perempuan itu Dirâs (Haid).
  3. Nifâs, seperti pertanyaan rasulullah kepada Sitti Aisyah ketika beliu datang bulan di Sarif: «مَا لَكِ أَنَفِسْتِ؟» artinya: “Apakah kamu haid?..[9].
  4. Maẖâđ, seperti حاضت المرأة محاضا artinya: “Perempuan Haid”[10].
  5. Qur’u, menurut ulama’ yang menafsiri bahwa lafadz Qur’u berma’na haid[11].
  6. I’şâr, seperti perkataan sayair:

جَارِيَةٌ قَدْ أَعْصَرَتْ *  أَوْ قَدْ دَنَى إِعْصَارُهَا

Perempuan sudah haid atau hampir haid

Menurut Imam Ramli nama-nama di atas ini di jadikan nama-nama haid (tidak makruh) karena semuanya diambil dari al-Qur’an dan hadits. Dan nama-nama haid disebutkan dalam bait sebagai berikut:

حَــــيْضٌ مَحِيضٌ مَحَاضٌ طَمْثٌ إكْبَــــــــارُ لِلْحَيْــــضِ عَشْرُ أَسْــــمَاءٍ وَخَمْسَتُهَا
دَرْسٌ دِرَاسٌ نِفَاسٌ قُرْءٌ إعْصَارُ طَـــــــمْسٌ عِرَاكٌ فِرَاكٌ مَعَ أَذًى ضَحِكٌ

Nama-nama haid yaitu ada lima belas: 1. Haid/ Haiđah 2. Maẖȋd 3. Ţamś 4. Ikbâr 5. Ţams 6. ‘Irâk 7. Firâk 8. Ażan 9. Điẖk 10. Dirs 11. Dirâs 12. Dirâs 13. Maẖâđ 14. Qur’u 15. I’şâr[12].

 

haid tidak lancar

[1] Șahȋh al-Bukhorȋ (320) // Șahȋh Mslim (333).

[2] Departemen Agama RI AL-QUR’AN TAJWID DAN TERJEMAHNYA, PT Syaamil Cipta Media, Bandung. h, 35.

[3] Abŭ Bakr Abdur Razzâq, al-Muşannaf, Jilid IV, (India: al-Majlȋs ‘Ilmȋ, 1403), Cet. II, h. 516.

[4] Muhammad ibn Muhammad al-Żabȋdȋ, Tâju al-‘Urŭs, Jilid XIIII (t.t: Dâr al-Hidâyah, t.t), h. 10.

[5] Șahȋh al-Bukhorȋ (320).

[6] Alȋ ibn Umar, Sunan al-Dâruquţnȋ, Jilid IV (Lebanon: Muassasah al-Risâlah, 2004), Cet. I, h. 438.

[7] Departemen Agama RI AL-QUR’AN TAJWID DAN TERJEMAHNYA, PT Syaamil Cipta Media, Bandung. h, 35.

[8] Kamal al-Dȋn al-Dumairȋ, Hayâtu al-Hayawân al-Kubrâ, Jilid II (Lebanon: Dâr al-Fikr, 2005), h. 524.

[9] Șahȋh al-Bukhorȋ (5548).

[10] Muhammad ibn Ahmad, al-Żâhir Fȋ Alfâť al-Syâfi’ȋ, (t.t: Dâr al-Ţalâi’, t.t), h. 48.

[11] Lafad Qur’u ada dua ma’na: 1. Menurut Imam Syafi’ȋ lafadz Qur’u berma’na suci. 2. Menurut Abu Hanifah lafadz Qur’u berma’na haid. Lihat di kitab I’râb al-Qur’an Wa Bayânuhu, Jilid I, h. 335. Karangan Muhyiddȋn (Bairut: Dâr al-Yamâmah, 1415), Cet IV.

[12] Ibrohim al-Bâjurȋ, Hasyayah al-Bâjŭrî Ala Ibni Qâsim, jilid I, (Surabaya: Dâr ‘ulum, t.t), h,107-108// Sulaimân Al-Bujairimî, Bujairimî  Alâ al-Khâtib,  jilid 1 (Bairut: Dâr al -Fikr 2007),  h. 341.