Inilah Tujuh Nama dari Golongan Jin yang Pertama Masuk Islam

Kebanyakan ulama salaf berpendapat bahwa Nabi Saw tidak hanya diutus untuk manusia, tapi juga diutus pada golongan jin.




Karena itu, tidak sedikit dari golongan jin yang masuk Islam dan menerima dakwah Nabi Saw, baik ketika beliau masih hidup atau sesudah beliau wafat.

Dalam kitab Tafsirnya, Imam Al-Baghawi menegaskan mengenai keberadaan kaum muslim dari golongan jin ini. Beliau berkata;



وَفِي الْجِنِّ مُسْلِمُوْنَ وَكَافِرُوْنَ، وَيَحْيَوْنَ وَيَمُوْتُوْنَ، وَأَمَّا الشَّيَاطِيْنُ؛ فَلَيْسَ مِنْهُمْ مُسْلِمُوْنَ، وَيَمُوْتُوْنَ إِذَا مَاتَ إِبْلِيْسُ.

Di dalam golongan jin ada yang muslim juga ada yang kafir. Mereka juga hidup dan mati. Adapun golongan setan, maka tidak ada di antara mereka yang muslim, dan mereka mati jika Iblis mati.

Pada saat Nabi Saw masih hidup, sudah dijumpai beberapa golongan jin yang masuk Islam. Mereka mendengarkan Al-Quran, menerima dakwah Nabi Saw dan turut menyebarkan serta mengajarkan ajaran Nabi Saw tersebut kepada kaumnya.

Ini sebagaimana dikisahkan oleh Allah dalam surah Al-Ahqaf ayat 29;

وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا مِنَ الْجِنِّ يَسْتَمِعُونَ الْقُرْآنَ فَلَمَّا حَضَرُوهُ قَالُوا أَنْصِتُوا ۖفَلَمَّا قُضِيَ وَلَّوْا إِلَىٰ قَوْمِهِمْ مُنْذِرِينَ

Dan (ingatlah) ketika Kami hadapkan serombongan jin kepadamu yang mendengarkan Al-Quran, maka tatkala mereka menghadiri pembacaan (nya) lalu mereka berkata; ‘Diamlah kamu (untuk mendengarkannya).’ Ketika pembacaan telah selesai, mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan.

Baca Juga :   Foto: Potret Pontianak Masa Depan ala Akun Instagram @Pontianak_Maju

Menurut para ulama, sekolompok jin yang mendengarkan Al-Quran sebagaimana dikisahkan dalam ayat di atas adalah golongan jin yang pertama kali masuk Islam dan menerima ajaran Nabi Saw.

Dalam kitab Tafsir Al-Qurthubi disebutkan bahwa menurut Imam Al-Suhaili bahwa sekolompok jin tersebut berjumlah tujuh. Mereka awalnya beragama Yahudi, kemudian memeluk Islam.

Nama-nama mereka menurut Imam Mujahid adalah Hassa, Massa, Munasysya, Syashir, Mashir, Arad, Aniyyan dan Ahqam.

Sementara menurut Hamzah bin Utbah bin Abi Lahab adalah Hassa, Massa, Syashir, Mashir, Afkhar, Arad, dan Anyal.

Nama-nama ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tafsir Al-Qurthubi berikut;

وَقَدْ ذَكَرَ الْمَاوَرْدِيُّ أَسْمَاءَهُمْ عَنْ مُجَاهِدٍ فَقَالَ : حَسَّى وَمَسَّى وَمُنَشَّى وَشَاصِرٌ وَمَاصِرٌ وَالْأَرَدُ وَأَنِيَّانُ وَالْأَحْقَمُ . ..كَانَ حَمْزَةُ بْنُ عُتْبَةَ بْنِ أَبِي لَهَبٍّ يُسَمِّي جِنَّ نَصِيبِينَ الَّذِينَ قَدِمُوا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – فَيَقُولُ : حَسَّى وَمَسَّى وَشَاصِرُ وَمَاصِرُ وَالْأَفْخَرُ وَالْأَرَدُ وَأَنْيَالُ

Imam Mawardi menyebutkan nama-nama jin yang datang pertama kali kepada Nabi Saw. Ia berkata bahwa namanya adalah Hassa, Massa, Munasysya, Syashir, Mashir, Arad, Aniyyan dan Ahqam. Sementara Hamzah bin Utbah bin Abi Lahab menamai jin Nashibin yang datang menemui Rasulullah Saw sebagai ‘Hassa, Massa, Syashir, Mashir, Afkhar, Arad, dan Anyal.

Baca Juga :   Disuruh Menggambar Nabi Muhammad, Respon Siswa Ini Bikin Gurunya Terharu

Sumber: bincangsyariah.com


Leave a Reply

Your email address will not be published.